Perusahaan

Twitter luncurkan layanan notifikasi kebebasan berekspresi di Indonesia

Oleh dan
Jumat, 27 Mei 2022

Hari ini Twitter mengumumkan perluasan layanan notifikasi #ThereIsHelp dan Layanan Notifikasi Kebebasan Berekspresi di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Layanan ini hadir sebagai bagian dari usaha berkelanjutan Twitter untuk melindungi dan mempromosikan kebebasan berinternet (#OpenInternet) secara global. Layanan notifikasi ini adalah yang pertama untuk ketiga negara tersebut, sekaligus merayakan satu tahun peluncuran layanan yang sama di Thailand

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Twitter bermitra dengan lembaga negara dan organisasi masyarakat sipil (@KomnasHAM, @LBH_Jakarta, @Safenetvoice). Layanan notifikasi ini akan muncul di Twitter setiap kali orang-orang mencari informasi dengan menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan kebebasan berekspresi. Selain itu, nomor hotline dari organisasi masyarakat sipil lokal yang menjadi mitra Twitter dan tautan situs resmi mereka akan tersedia bagi orang-orang yang membutuhkan dukungan atau mencari akses terhadap sumber bantuan terkait dengan masalah kebebasan berekspresi dan hak-hak digital.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Misi kami di Twitter adalah melayani percakapan publik. Kami percaya bahwa kebebasan berekspresi dan mendapatkan akses terbuka untuk mengakses #OpenInternet adalah hal fundamental dari hak asasi manusia. Beragam tekanan kiat mendorong regulasi internet di Asia Tenggara untuk menyoroti berbagai tantangan dan implikasinya, terutama bagi kelompok masyarakat yang rentan. Memperluas layanan notifikasi #ThereIsHelp adalah bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk melindungi suara dari kelompok-kelompok rentan di Indonesia, Malaysia dan Filipina. Kemitraan kami bersama mitra lokal akan membantu membuka akses yang cepat dan mudah ke informasi dan sumber daya yang kredibel bagi mereka yang membutuhkannya.

Twitter telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari jutaan orang; terutama untuk kelompok yang rentan bahaya seperti jurnalis dan aktivis. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital di negara-negara Asia Tenggara; permintaan untuk mendapatkan akses ke informasi berkualitas tinggi melalui internet dan hak untuk mengekspresikan diri secara aman semakin meningkat. Masa depan internet di Asia Tenggara sedang berada di tengah kerangka regulasi yang semakin ketat dan amatlah penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja hak yang mereka miliki serta dukungan yang tersedia.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.

Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) menyadari bahwa ruang publik online maupun offline yang tersedia bagi masyarakat Indonesia semakin terbatas. Pada tahun 2020, 36,2% masyarakat Indonesia tidak merasa bebas untuk berpendapat di media sosial dan banyak yang mengungkapkan bahwa mereka mengalami pelecehan atau kekerasan secara online. Saat ini, kami memiliki berbagai inisiatif untuk mendukung masyarakat Indonesia, namun tingkat kesadaran akan isu ini masih cenderung rendah. Kami sangat menyambut kolaborasi bersama Twitter untuk memberikan perhatian lebih dalam memanfaatkan sarana yang kami miliki, mengamplifikasi inisiatif kami, dan terus meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap layanan notifikasi #ThereIsHelp.

Damar Juniarto

Direktur Eksekutif SAFEnet

‎@DamarJuniarto‎
Tweet ini tidak tersedia.

Kebebasan berekspresi adalah inti dari hak asasi manusia dan demokrasi. Setiap warga negara memiliki hak untuk mengutarakan pendapatnya secara konstruktif dan dilindungi oleh hak konstitusional secara bersamaan. Komnas HAM mengapresiasi berbagai inisiatif seperti #ThereIsHelp, yang memberikan arahan bagi organisasi dalam menyediakan informasi penting terkait kebebasan berekspresi dan akses untuk mendapatkan keadilan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan mandat dari Komnas HAM yaitu memastikan perlindungan terhadap kebebasan berekspresi di Indonesia.

Beka Ulung Hapsara

Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan, Komnas HAM.

‎@Bekahapsara‎
Tweet ini tidak tersedia.

Hak atas keterbukaan informasi, partisipasi, serta kemerdekaan berpendapat dan berekspresi adalah hak dasar yang dimiliki oleh warga negara dalam demokrasi. Oleh karena itu, hak sipil dan politik tersebut harus dihormati serta dilindungi. LBH Jakarta sebagai institusi yang aktif mendorong penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM serta tegaknya Demokrasi, mengapresiasi langkah Twitter dalam memberikan ruang aman bagi penggunanya untuk dapat berekspresi dan berpendapat dalam ranah digital.

Arif Maulana

Direktur LBH Jakarta

‎@LBH_Jakarta‎
Tweet ini tidak tersedia.

Layanan notifikasi #ThereIsHelp memberikan dukungan real-time, kapan pun dan di mana saja. Melalui kemitraan dengan lembaga negara dan organisasi masyarakat sipil lokal terkemuka, layanan notifikasi ini akan membantu memberikan informasi terpercaya dan menyediakan kontak langsung terhadap sumber bantuan yang kredibel. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat. 

Kami telah meluncurkan lebih dari 300 layanan #ThereIsHelp yang tersedia dalam 41 bahasa di 106 negara yang meliputi berbagai isu; termasuk kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri, vaksinasi, eksploitasi seksual anak, COVID-19, kekerasan berbasis gender, dan tanggap bencana. Di Asia Tenggara, upaya ini pertama kalinya diluncurkan di Thailand tahun lalu sebagai bagian dari upaya global Twitter untuk membantu menghubungkan orang-orang yang membutuhkan bantuan hukum ketika untuk melindungi hak kebebasan berekspresi mereka.

Tweet ini tidak tersedia
Tweet ini tidak tersedia.